Samsung Kini Hadirkan Bahasa Indonesia, Arab, dan Rusia pada Galaxy AI

- 13 April 2024, 13:20 WIB
Samsung Galaxy S24.
Samsung Galaxy S24. /Dok. samsung.com/

SUARA SOPPENG - Perusahaan teknologi Samsung menambah dukungan bahasa pada layanan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan artifisial mereka Galaxy AI.

"Dalam komitmen mendemokratisasi AI untuk semua, Galaxy AI mengekspansi bahasa tahun ini sehingga memungkinkan pengguna Galaxy lebih nanyak berkomunikasi melewati batasan bahasa yang sangat unik bagi Samsung," kata President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics dalam siaran pers yang dimuat di situs resmi, Rabu, 10 April 2024.

Ada tiga bahasa yang ditambahkan pada Galaxy AI yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Rusia.

Baca Juga: Instagram Uji Coba Fitur Buramkan Pesan Foto Vulgar, Lindungi Anak-Anak dari Kejahatan Siber

Pada musim semi 2024 Samsung ikut menambahkan tiga dialek baru yaitu dialek Australia dalam Bahasa Inggris, dialek Kanton, dan dialek Kanada untuk Bahasa Prancis.

Ketiga bahasa dan dialek baru itu menambah deretan bahasa yang bisa diakses pengguna Galaxy AI sebelumnya seperti bahasa Mandarin, bahasa Inggris (dialek India, AS, dan Britania), bahasa Prancis, bahasa Jerman, bahasa Hindi, bahasa Italia, bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Polandia, bahasa Portugis dengan dialek Brazil, bahasa Spanyol (dialek Meksiko Spanyol, dan AS), bahasa Thailand, dan bahasa Vietnam.

Dukungan bahasa dan dialek baru itu sudah bisa diunduh pada perangkat seri Galaxy S24, seri Galaxy S23, Galaxy S23 FE, Galaxy Z Flip5, dan seri Galaxy Tab S9, dan mungkin akan datang ke perangkat lainnya dalam waktu dekat.

Untuk selanjutnya, Samsung berencana menambah bahasa lainnya tahun ini yaitu bahasa Romania, bahasa Turki, bahasa Belanda, bahasa Swedia, bahasa Mandarin tradisional, serta bahasa Portugis Eropa.

Fitur-fitur yang menggunakan kemampuan translasi dari Galaxy AI ialah Live Translate dan Chat Assist, yang membantu pengguna bercakap-cakap dengan mitra berbahasa asing sambil membaca terjemahan perkataan lawan bicara di layar perangkat.

Walaupun lawan bicara tidak menggunakan ponsel pintar atau Android, Live Translate dan Chat Assist dapat membantu pengguna berkomunikasi dalam lintas bahasa.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah