Google Luncurkan Variasi 'Circle to Search' untuk Pengguna iPhone, Begini Cara Menggunakannya

- 10 Mei 2024, 09:45 WIB
Google Circle to Search. ANTARA/blog.google/am.
Google Circle to Search. ANTARA/blog.google/am. /

SUARA SOPPENG - Google telah menemukan cara untuk menghadirkan variasi gerakan "Circle to Search" yang cerdas kepada pengguna iPhone.

Interaksi baru ini, yang diluncurkan pada bulan Januari, memungkinkan pengguna Android melakukan penelusuran dari mana saja di perangkat mereka dengan melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk, sehingga mempermudah interaksi dengan Google Penelusuran dari layar mana pun.

Tentu saja, opsi serupa belum tersedia untuk pengguna iPhone, karena Google tidak mengontrol sistem operasi iOS seperti pada Android.

Baca Juga: WhatsApp Bagikan 5 Tips Jaga Privasi Chat dengan Mudah

Untuk mengatasi masalah ini, Google kini menggunakan Tombol Tindakan Apple di perangkat iPhone 15 Pro untuk mengaktifkan cara cepat mencari apa pun secara visual di layar pengguna hanya dengan menekan satu tombol.

Bukan lagi tombol dering/senyap yang sederhana, Tombol Tindakan memungkinkan pengguna menyesuaikan fungsi tombol samping iPhone sesuai kebutuhan mereka.

Ini dapat dikonfigurasi untuk meluncurkan kamera, menerjemahkan percakapan, mengaktifkan mode Fokus, meluncurkan Senter dan banyak lagi. Pengguna juga dapat menetapkan Pintasan mereka sendiri ke Tombol Tindakan untuk memulai tugas lain, seperti memulai sesi suara ChatGPT.

Dalam kasus Google, perusahaan telah meluncurkan pintasan yang memungkinkan pengguna iPhone memulai pencarian visual melalui Google Lens.

"Pada dasarnya ini adalah circle to search tetapi lebih cepat!," kata manajer desain Google Lens Minsang Choi dalam postingan yang sekarang dihapus di X, di mana ia memperkenalkan pintasan yang dibuat oleh tim Google App iOS.

Meskipun aplikasi iOS Google sudah menawarkan cara menggunakan Lens untuk penelusuran visual, penambahan pintasan memudahkan untuk memulai penelusuran dengan gerakan sederhana, mirip dengan Android.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler